Latar Belakang
Selama pandemi anak-anak belajar dari rumah. Banyak
orang tua murid mengeluhkan bahwa putra putri mereka sekarang kurang disiplin,
mulai dari waktu tidur tidak normal, sholat mulai bolong-bolong, ngaji jarang
dilakukan, tugas dikerjakan malam hari, siang harinya lebih banyak bermain.
Dalam hal ini, murid-murid belum memiliki kesadaran diri dalam melakukan budaya
positif. Motivasi ekstrinsik dari murid juga kurang, karena orang tua banyak
yang bekerja sampai sore, guru juga tidak bisa mendampingi dengan maksimal saat
proses pembelajaran. Beberapa minggu ini pemerintah daerah sudah memberikan
ijin untuk diadakannya pembelajaran tatap muka, namun kami hanya diberikan
waktu terbatas untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. Berdasarkan
hal tersebut, kami berencana untuk membuat aksi nyata "Memupuk Budaya
Positif dengan Pembiasaan Karakter melalui Jurnal Mingguan". Jurnal
Mingguan ini berisi mengenai aktifitas murid baik di rumah maupun di sekolah.
Kegiatan tersebut berisi kegiatan ibadah murid-murid, membantu orang tua,
menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan melakukan literasi. Literasi ini dapat
berupa membaca majalah, koran, materi pelajaran, menceritakan kembali film
kartun yang dilihat, atau boleh sesuai minat murid. Dengan adanya jurnal
mingguan ini diharapkan murid dapat membiasakan dirinya melakukan pembiasaan
karakter baik saat pembelajaran di sekolah maupun di rumah.
Tujuan
Tujuan
kegiatan ini adalah sebgai berikut:
1.
Terwujudnya pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia.
2. Mandiri
3. Suka
bergotong -royong
4.
Bertanggung Jawab
Tolak Ukur
1. Hasil
Jurnal Mingguan Murid
2. Foto
kegiatan pembiasaan karakter murid baik di sekolah maupun di rumah.
Linmasa
tindakan yang dilakukan
Langkah-langkah
tindakan:
a. Membuat
keyakinan kelas
b. Mengamati
dan membuat catatan anekdok mengenai karakter murid .
c. Membuat
rancangan jurnal mingguan dan waktu pelaksanaan.
d. Meminta
dukungan kepala sekolah, rekan sejawat dan orang tua murid kelas 5.
e. Melakukan
sosialisasi ke murid kelas 5 mengenai jurnal mingguan yang harus dilaksanakan
dan cara mengisi jurnal mingguan tersebut.
f. Komunikasi
dengan orang tua murid mengenai aktivitas siswa selama di rumah dan meminta
dukungan untuk ikut menyukseskan program jurnal mingguan ini.
g. Melakukan
refleksi dan tindak lanjut.
Dukungan yang
dibutuhkan:
Kepala
Sekolah dan rekan guru, Orang tua wali murid kelas 5, siswa kelas 5 dan
anggaran.
Contoh Jurnal
Mingguan
Kendala dan Solusi
a. Murid dalam mengisi jurnal kurang jujur.
Solusi melakukan restitusi pada murid
yang belum jujur dalam mengisi jurnal, berkomunikasi
dengan orang tua murid.
b. Lupa menuliskan kegiatan pada jurnal.
Sering mengingatkan murid,
berkomunikasi dengan orang tua.
Respon Orang tua, murid dan rekan sejawat
a. Alhamdulillah banyak orang tua yang merespon dan
mendukung sangat baik dengan adanya jurnal mingguan ini, ada orang tua yang
menelepon kalau putrinya jadwal tidur sudah mulai normal, sholat sudah mulai
terkontrol, membantu orang tua tanpa disuruh, suka membaca, belajar pada waktu
yang sudah disepakati.
b. Murid senang melakukan pembiasaan karakter
dengan jurnal karena terarah dan jelas kegiatannya, dan mendapat perhatian dari
orang tua.
c. Rekan sejawat, murid-murid kelas 5 sopan santun,
suka membantu dan ramah
Vidio Pengimbasan Budaya Positif dapat dilihat pada link berikut ini:
https://drive.google.com/file/d/19FPHycnd9McOOYSz7Qid8qR2UM-HX2wF/view?usp=sharing
0 Comments