Memupuk Budaya Positif

 


Latar Belakang

Selama pandemi anak-anak belajar dari rumah. Banyak orang tua murid mengeluhkan bahwa putra putri mereka sekarang kurang disiplin, mulai dari waktu tidur tidak normal, sholat mulai bolong-bolong, ngaji jarang dilakukan, tugas dikerjakan malam hari, siang harinya lebih banyak bermain. Dalam hal ini, murid-murid belum memiliki kesadaran diri dalam melakukan budaya positif. Motivasi ekstrinsik dari murid juga kurang, karena orang tua banyak yang bekerja sampai sore, guru juga tidak bisa mendampingi dengan maksimal saat proses pembelajaran. Beberapa minggu ini pemerintah daerah sudah memberikan ijin untuk diadakannya pembelajaran tatap muka, namun kami hanya diberikan waktu terbatas untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, kami berencana untuk membuat aksi nyata "Memupuk Budaya Positif dengan Pembiasaan Karakter melalui Jurnal Mingguan". Jurnal Mingguan ini berisi mengenai aktifitas murid baik di rumah maupun di sekolah. Kegiatan tersebut berisi kegiatan ibadah murid-murid, membantu orang tua, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan melakukan literasi. Literasi ini dapat berupa membaca majalah, koran, materi pelajaran, menceritakan kembali film kartun yang dilihat, atau boleh sesuai minat murid. Dengan adanya jurnal mingguan ini diharapkan murid dapat membiasakan dirinya melakukan pembiasaan karakter baik saat pembelajaran di sekolah maupun di rumah.

Tujuan

Tujuan kegiatan ini adalah sebgai berikut:

1. Terwujudnya pelajar yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

2. Mandiri

3. Suka bergotong -royong

4. Bertanggung Jawab

Tolak Ukur

1. Hasil Jurnal Mingguan Murid

2. Foto kegiatan pembiasaan karakter murid baik di sekolah maupun di rumah.

Linmasa tindakan yang dilakukan

Langkah-langkah tindakan:

a. Membuat keyakinan kelas

b. Mengamati dan membuat catatan anekdok mengenai karakter murid .

c. Membuat rancangan jurnal mingguan dan waktu pelaksanaan.

d. Meminta dukungan kepala sekolah, rekan sejawat dan orang tua murid kelas 5.

e. Melakukan sosialisasi ke murid kelas 5 mengenai jurnal mingguan yang harus dilaksanakan dan cara mengisi jurnal mingguan tersebut.

f. Komunikasi dengan orang tua murid mengenai aktivitas siswa selama di rumah dan meminta dukungan untuk ikut menyukseskan program jurnal mingguan ini.

g. Melakukan refleksi dan tindak lanjut.

Dukungan yang dibutuhkan:

Kepala Sekolah dan rekan guru, Orang tua wali murid kelas 5, siswa kelas 5 dan anggaran.

Contoh Jurnal Mingguan










Kendala dan Solusi

a. Murid dalam mengisi jurnal kurang jujur.

   Solusi melakukan restitusi pada murid yang belum jujur dalam mengisi jurnal, berkomunikasi       dengan orang tua murid.

b. Lupa menuliskan kegiatan pada jurnal.

    Sering mengingatkan murid, berkomunikasi dengan orang tua.

 

Respon Orang tua, murid dan rekan sejawat

a. Alhamdulillah banyak orang tua yang merespon dan mendukung sangat baik dengan adanya jurnal mingguan ini, ada orang tua yang menelepon kalau putrinya jadwal tidur sudah mulai normal, sholat sudah mulai terkontrol, membantu orang tua tanpa disuruh, suka membaca, belajar pada waktu yang sudah disepakati.

b. Murid senang melakukan pembiasaan karakter dengan jurnal karena terarah dan jelas kegiatannya, dan mendapat perhatian dari orang tua.

c. Rekan sejawat, murid-murid kelas 5 sopan santun, suka membantu dan ramah

 

  Vidio Pengimbasan Budaya Positif dapat dilihat pada link berikut ini:

https://drive.google.com/file/d/19FPHycnd9McOOYSz7Qid8qR2UM-HX2wF/view?usp=sharing


Post a Comment

0 Comments